Manfaat Daun Kersen yang Ampuh Atasi Diabetes


Buah kersen atau yang akrab disapa buah keres ini merupakan buah yang mirip dengan buah ceri. Buah ini berwarna merah jika sudah masak, rasanya pun manis. Pogon kersen biasanya mudah tumbuh di Indonesia. Biasanya berada di pinggir jalan-jalan umum atau di sekitar rumah ataupun sekolah. 

Buah ini jarang diperhatikan dan dikonsumsi oleh masyarakat karena tidak dianggap hanya buah liar yang dapat tumbuh di mana saja. Namun perlu diketahui, bahwa buah kersen memiliki banyak manfaat di bidang kesehatan.

Selain buah kersen, yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat dalam kesehatan yaitu bagian daunnya. Daun kersen memiliki kandungan aktif yang bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya : Karbohidrat, Protein, Kalsium, Zat Besi, Karoten, Air, Lemak, Riboflavin, Niacin, dan Serat. Dari berbagai kandungan tersebut, daun kersen saat ini mulai diburu sebagai obat diabetes. 

Diabetes merupakan penyakit kelebihan kadah gula dalam darah. Hal ini disebabkan pankreas tidak dapat berfungsi secara maksimal untuk mengatur insulin, sehingga glukosa pada darah menjadi tinggi. Penyakit ini sudah menjamur di masyarakat hampir di seluruh kalangan. 

Diabetes dapat disebabkan oleh dua faktor, yakni faktor keturunan dan juga faktor makanan yang tidak sehat. Biasanya makanan yang dimakan merupakan makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi dan tidak diimbangi dengan menu makanan gizi seimbang. 

Pola makan yang memeperbanyak asupan karbohirat namun menjauhi sayur dan lauk dapat menjadi faktor utama penyebab diabetes. Pola makan ini merupakan pola makan yang salah besar jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.Karena selain ketidakseimbangan gizi, hal ini dapat memicu timbulnya macam-macam penyakit. 

Cara menggunakannya yaitu dengan menggunakan 11 lembar daun kersen yang masih muda, namun jangan terlalu muda. Daun tersebut dicuci bersih, kemudian direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa menjadi 2 gelas air. Air rebusan tersebut dapat dikonsumsi 2 kali sehari sebagai pengobatan. Namun jika sudah normal, dapat diminum 2 hari sekali.  

Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak orang yang terkena diabetes dan dapat sembuh dengan rajin mengonsumsi air rebusan daun kersen. Ketika gula darah sudah normal, sebaiknya tetap menjaga pola makan. Agar diabetes tidak naik kembali.

Selain manfaat tersebut, daun kersen juga dapat bermanfaat untuk mengatasi asam urat, menurunkan kolestrol, menjaga kesehatan mata, menurunkan hipertensi, serta menghambat sel kanker. Wah, ternyata daun kersen memiliki manfaat yang luar biasa ya. Semoga bermanfaat. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Daun Kersen yang Ampuh Atasi Diabetes"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel