7 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan



Tanaman yang mengandung karbohidrat yang tinggi selain padi yaitu jagung. Jagung menjadi makanan pokok di beberapa daerah tertentu di Indonesia. Selain kandungan karbohidrat yang tinggi, jagung juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 


Beberapa kandungan jagung yaitu serat, protein, Vitain B5, Vitamin B9, Vitamin B6, kalium, fosfor, zinc, mangan, dan magnesium. Kandungan tersebut menjadikan buah jagung sangat bermanfaat bagi kesehatan. Diantaranya :

1. Menurunkan Diabetes

Manfaat jagung yang pertama yakni dapat menurunkan diabetes. Kandungan karbohidrat yang tinggi namun diimbangi dengan serat yang tinggi pula membuat jagung aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Konsumsi nasi sebagai asupan karbohidrat dapat diganti dengan jagung.
  

2. Meningkatkan Kesehatan Mata

Jagung mengandung zat zeaxanthin yang dapat melindungi mata dari degenerasi makula. Dengan mengonsumsi jagung manis juga mengurangi resiko terkena rabun dan penyakit mata lainnya.

3. Mencerdaskan Otak

Kandungan vitamin B1 pada jagung dapat meningkatkan memori pada otak. Sehingga dapat menguatkan daya ingat dan terhindar dari resiko pikun di masa lansia. Selain itu, otak juga mendapat nutrisi yang cukup, sehingga dapat bekerja secara optimal.

4. Mencegah Kanker Paru

Jagung mengandung beta cryptpxhantin yang dapat mencegah perkembangan kanker paru-paru. Nutrisi tersebut juga menghadang sel kanker sehingga tidak dapat menjalar ke organ yang lain. Selain menggunakan jagung, sebaiknya imbangi dengan makanan sehat lainnya.

5. Menambah Sistem Imun

Kandungan Vitamin C yang ada pada tubuh dapat mencegah berbagai radikal bebas yang akan masuk dalam tubuh. Jagung juga sangat cocok dikonsumsi oleh penderita flu, sehingga cepat pulih dari flu yang dideritanya.

6. Mengatasi Anemia

Zat besi yang dikandung oleh jagung dapat mencukupi kebutuhan tubuh yang mengalami anemia. Dengan rajin mengonsumsi jagung dapat meningkatkan hemoglobin hingga 50%. Hal ini juga didukung asam folat yang tinggi pada jagung. 

7. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Kekuatan tulang dapat menjadi lebih maksimal dengan mengonsumsi jagung. Hal ini disebabkan oleh kandungan mangan, seng dan tembaga. Ketiga kandungan tersebut juga dapat mengurangi rasa nyeri pada wanita ketika sedang menstruasi. 

kandungan magnesium pada jagung, juga dapat mencegah kejang pada otot. Khasiat ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi jagung mentah sebanyak satu kali dalam seminggu. 

Itu tadi 7 manfaat jagung manis bagi kesehatan. Manfaat tersebut dapat diperoleh dengan maksimal jika mengolah jagung dengan benar. Jagung yang dimasak terlalu lama hingga terlalu matang juga dapat membuat kandungan dalam jagung menjadi berkurang. Untuk itu, pandai-pandailah dalam memasak jagung. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel