7 Khasiat Pandan Wangi Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui


Daun yang memiliki aroma harum yang biasa digunakan dalam penyedap pembuatan kolak yakni daun pandan wangi. Tanaman pandan wangi biasanya tumbuh di daerah yang lembab, yakni di sekitar kolam belakang rumah. Tanaman ini tergolong tanaman yang mudah tumbuh di Indonesia. 

Daun pandan wangi juga biasa digunakan sebagai pewarna makanan alami. Namun jarang yang mengetahui manfaat pandan wangi bagi kesehatan. Pandan wangi memiliki kandungan zat aktif yaitu flavonoida, tannin, alkaloida, polifenol, dan saponin.

Kandungan zat aktif tersebut membuat pandan wangi secara tidak langsung dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh, berikut uraiannya :

1. Penetralisir Racun

Daun pandan wangi juga memiliki khasiat sebagai penetralisir racun, sebagaimana manfaat dari air kelapa hijau. Daun pandan wangi dapat membersihkan racun yang masuk ke dalam tubuh, termasuk zat yang menempel dalam usus, sehingga dapat mendetoks tubuh secara alami.

Cara menggunakannya yakni dengan meminum air rebusan 7 lembar daun pandan wangi yang sebelumnya direbus dengan 4 gelas air menjadi 2 gelas air. Dapat diminum sesaat setelah mengalami gejala keracunan.

2. Menambah Nafsu Makan

Bagi bunda yang memiliki buah hati yang sulit untuk makan, sebaiknya memberi rangsangan menggunakan pandan wangi. Aroma pada pandan wangi tidak hanya membuat makanan menjadi lebih lezat, namun juga dapat menambah nafsu makan.

Caranya yakni dengan membuatkan rebusan pandan wangi, yang kemudian dicampur dengan madu. Gunakan ramuan ini selama kurang lebih 3 hari berturut-turut.

3. Mengontrol Gula Darah

Siapa yang tau, ternyata gula darah dapat dikontrol menggunakan terapi pandan wangi. Ekstrak daru daun pandan wangi mampu merangsang sel pankrean untuk memproduksi insulin secara alami, sehingga hiperglikemik dapat diatasi. 

Caranya juga sama, yakni dengan rajin mengonsumsi air rebusan daun pandan wangi setiap hari. Bagi yang menggunakan pandan wangi sebagai pengobatan, sebaiknya usahakan mengonsumsi 3 kali dalam sehari. 

4. Mengatasi Radang

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini juga dapat disembuhkan menggunakan terapi air pandan wangi. Kandungan yang bersifat untuk meredakan arthritis, nyeri dada, dan juga anti nyeri lainnya ternyata juga mampu mengatasi gejala atau mengobati radang tenggorokan. 

Caranya yakni cukup dengan minum air rebusan pandan wangi dan menahannya sejenak pada tenggorokan sebelum menelannya, usahakan minum dalam kondisi masih hangat.

5. Mengatasi Rematik

Rematik merupakan penyakit yang menyerang kesehatan tulang. Kaki sering kesemutan juga termasuk gejala rematik. Sebaiknya bagi penderita rematik menggunakan 3 lembar daun pandan wangi yang direbus dengan setengah cangir minyak kelapa. 

Gunakan ramuan ini untuk dioleskan pada bagian kaki yang mengalami rematik. Jangan lupa sambil dipijat ringan agar hasil lebih optimal.

6. Mengatasi Stress

Aroma khas yang diberikan oleh daun pandan wangi dapat membuat otot saraf yang tegang kembali mengendur dan rileks. Bagi yang mengalami stres karena pekerjaan yang menumpuk, makan dapat meluangkan waktu untuk mengonsumsi air daun pandan wangi dalam kondisi hangat.

7. Menenangkan Tidur

Bagi yang sering terbangun pada malam hari, atau mengalami tidur yang tidak nyenyak dapat mencoba menggunakan terapi pandan wangi. Caranya yakni dengan mengonsumsi sir pandan wangi sebelum tidur.

Demikian 7 khasiat pandan wangi bagi kesehatan yang jarang diketahui. Sebaiknya mengonsumsi air pandan wangi dilakukan secara rutin, dapat juga dilakukan setiap dua kali sehari sebagai pencegahan.  

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Khasiat Pandan Wangi Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel