7 Khasiat Belimbing Wuluh Bagi kesehatan


Belimbing sayur biasanya dikenal dengan istilah belimbing wuluh di daerah jawa. Belimbing ini terkenal dengan rasanya yang asam dan khas. Biasanya pohon belimbing wuluh tumbuh subur di pekarangan rumah dan buahnya sering dimanfaatkan sebagai pemberi cita rasa asam pada sayur asam atau masakan lainnya. 

Belimbing wuluh kaya akan kandungan vitamin yakni vitamin A, Vitamin C, vitamin B Kompleks, dan juga mengandung mineral yang diperlukan tubuh, seperti fosfor, kalsium dan juga zat besi. Belimbing wuluh juga kaya akan antioksidan yang berguna bagi tubuh.

Berikut manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan :

1. Menurunkan Hipertensi

Belimbing wuluh telah terbukti sangat ampuh untuk menurunkan darah tinggi. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian dan hasilnya memang sangat akurat. Dengan menurunkan darah tinggi, maka akan memperkecil kemungkinan seseorang mengalami stroke. 

Caranya yakni dengan membelah belimbing wuluh menjadi beberapa bagian, kemudian menyeduhnya dengan air hangat. Minum secara rutin setiap hari agar hasil yang didapat pun memuaskan.

2. Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Kalsium dengan kadar yang sangat tinggi yang terkandung pada belimbing wuluh dapat memperkuat tulang dan gigi. Dengan bertambahnya usia, tentunya kepadatan tulang dan gigi pun menurun. 
Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya diimbangi dengan rajin mengonsumsi air belimbing wuluh. 

3. Menurunkan Berat Badan 

Kandungan serat pada buah belimbing wuluh dapat mengatasi berat badan yang diakibatkan oleh penumpukan lemak pada tubuh. Selain itu, kotoran yang belum terbuang dalam tubuh akan turut serta dalam proses pembuangan saat buang air besar.

4. Menurunkan Diabetes

Kadar gula yang berlebihan dalam darah dapat diturunkan dengan rajin mengonsumsi belimbing wuluh. Jika kadar diabetes sudah normal, makan jangan terlalu sering mengonsumsinya, agar tidak menimbulkan drop, yaitu kekurangan zat tenaga yang berupa gula.

5. Mengatasi Influenza

Gejala influenza seperti pilek, bersin, dan hidung tersumbat dapat diatasi dengan mengonsumsi air belimbing wuluh. Kandungan vitamin c yang tinggi pada belimbing wuluh, dapat menangkal virus yang akan masuk, serta mengeluarkan virus yang sudah ada pada tubuh. 

6. Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan peradangan di wajah yang disebabkan oleh bakteri dan kuman lainnya. Cara menghilangkan jerawat dengan belimbing wuluh yakni dengan menggunakannya sebagai masker wajah. Haluskan beberapa belimbing wuluh, kemudian oleskan pada wajah, dan biarkan hingga mengering. Bilas dengan air hingga bersih.

7. Membuat awet muda

Vitamin A dan C pada belimbing wuluh dapat mencegah radikal bebas dan zat berbahaya yang masuk pada tubuh. Garis halus dan kerutan wajah dapat juga diatasi dengan rajin membuat masker belimbing wuluh, sehingga akan nampak kencang dan awet muda.

Itu tadi beberapa manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan. Sebenarnya mengonsumsi belimbing wuluh juga dapat dengan cara dimakan secara langsung, namun terkadang bagi yang tidak suka rasa asam lebih memilihnya menjadi sebuah minuman herbal. Semoga bermanfaat!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Khasiat Belimbing Wuluh Bagi kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel