7 Kandungan dan Manfaat Dari Daun dan Juga Buah Sirsak Bagi Kesehatan


Tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat salah satunya yaitu tanaman sirsak. Biasanya buah sirsak dikonsumsi dengan cara dijadikan sebagai jus, ataupun berbagai macam olahan lainnya seperti campuran dan pemberi rasa pada kue. 

Selain dalam dunia kuliner, buah dan daun sirsak sangat bermanfaat bagi kesehatan. Rasa yang menyegarkan membuat buah sirsak digemari oleh masyarakat. Mulai dari buah, daun, hingga akarnya kini mulai diburu oleh masyarakat untuk dijadikan obat. 

Berikut akan kita bahas 7 kandungan dan manfaat dari daun dan juga buah sirsak bagi kesehatan:

1.  Serat

Buah sirsak mengandung serat yang tinggi. Serat dapat berguna bagi proses pencernaan, yakni dapat mengatasi sembelit hingga mengontrol kadar kolestrol. Serat pada buah sirsak juga dipercaya mampu mengatasi berat badan yang berlebih.

2. Kalium

Kandungan buah sirsak yang kedua yakni mengandung kalium. Kaliu merupakan senyawa penting yang diperlukan oleh tubuh untuk mengatasi kontraksi pada tulang, mengatur tingkat tekanan darah, serta merilekskan otot-otot yang tegang.

3. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama yang diperlukan oleh tubuh. Meski dapat memberi nutrisi berupa karbohidrat, sebaiknya tetap bijaksana dalam mengonsumsi buah ini. Agar tidak terjadi kelebihan kadar gula dalam darah akibat konsumsi karbohidrat secara berlebih.

4. Fosfor dan Kalsium

Fosfor dan kalsium merupakan contoh mineral yang dominan dalam buah sirsak. Kedua mineral ini sangat penting bagi pembentukan tulang, bahkan sangat dianjurkan untuk menghindari osteoporosis.

5. Vitamin C

Rasa yang asam juga menunjukkan bahwa buah sirsak mengandung vitamin c yang tinggi. Vitamin C sangat diperlukan oleh tubuh, karena dengan vitamin c yang cukup tubuh akan menjadi kebal dari berbagai bakteri jahat yang menyerang. Perlu diketahui bahwa rasa asam pada buah sirsak ini disebabkan oleh asam organik yang dikandungnya, yakni asam malat, asam sitrat dan asam isositrat. 

6. Air

Kandungan air yang cukup tinggi pada buah sirsak yang sudah matang dapat digunakan untuk memenuhi cairan pada tubuh. Sehingga tubuh akan terhindar dari resiko dehidrasi.

7. Lemak

Buah sirsak juga mengandung lemak. Namun tidak perlu khawatir merasa gemuk, karena lemak yang terkandung cukup rendah, yakni 0,3 gr/ 100 gr. Takaran ini sangat baik bagi kesehatan. 

Itu tadi merupakan uraian dari 7 kandungan serta manfaat dari daun dan buah sirsak bagi kesehatan. Jangan lupa untuk selalu menyertakan herbal dalam mengatasi maupun mencegah diri dari berbagai penyakit. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Kandungan dan Manfaat Dari Daun dan Juga Buah Sirsak Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel