Tape Ketan, Mampu Atasi Berbagai Masalah Kesehatan


Ketan merupakan bahan makanan yang berbulir-bulir seperti beras. Ketan biasa diolah menjadi makanan khas daerah-darah tertentu, misalnya bubur, tape ketan, candil, koci-koci, dan lainnya. 

Kali ini kita akan membahas tentang manfaat tape ketan bagi kesehatan. Tape ketan berasal dari proses fermentasi ketan dan ragi, yang nantinya dapat berair yang rasa airnya pun manis. Air hasil fermentasi ini mengandung alkohol yang dapat dikonsumsi dan aman jika dalam jumlah wajar.

Berikut manfaat tape ketan bagi kesehatan :

1. Melancarkan Pencernaan 

Tape ketan mengandung asam laktat dan serat. Kandungan ini dapat membuat sistem perncernaan menjadi lancar. Bagi yang sedang sembelit, direkomendasikan agar mengonsumsi tape ketan.

2. Mengobati Ambeien

Ambeien masih berhubungan dengan sistem pencernaan. Ambeien juga dapat disebabkan karena sering sembelit. Penyakit ambeien  bisa diatasi dengan mengonsumsi tape ketan yang sudah benar-benar matang secara rutin 3 kali sehari.

3. Mengobati Anemia

Ketan mengandung zat besi yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Bagi yang terkena anemia, dapat mengonsumsi tape secara rutin sehingga terhindar dari penyakit anemia.

4. Menambah Imun Tubuh

Tape ketan mengandung antioksidan yang dapat menambah kekebalan tubuh dan juga menangkal radikal bebas. Sehingga cocok bagi yang rentan dengan penyakit.

5. Mencegah Kanker

Asam laktat yang ada pada teape ketan ternyata juga dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Sehingga tubuh aman dari sel-sel yang merugikan tubuh lainnya.

6. Detoks Racun

Ketan mengandung protein, tanin dan flavonoid yang efektif membersihkan racun di dalam tubuh. Zat-zat kimia berbahaya lainnya juga dapat dikeluarkan saat proses detoksifikasi melalui urin yang dikeluarkan tubuh.

7. Menjaga kesehatan kulit

Kulit yang halus dan mulus dapat dimiliki jika rajin mengonsumsi tape ketan. Tape ketan mengandung anti inflamasi yang dapat meregenerasi kulit sehingga kulit nampak lebih cerah dan halus.


Tape ketan biasanya dibuat pada saat-saat tertentu, termasuk ketika hari-hari besar, acara pernikahan, acara khitan, dan moment penting lainnya. Untuk menjaga kesehatan, tape juga bisa dikonsumsi setiap hari, tentunya tidak berlebihan. 

Agar lebih nikmat, mengonsumsi tape cocok jika sebelumnya disimpan dalam lemari es. Akan terasa lebih segar dan nikmat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tape Ketan, Mampu Atasi Berbagai Masalah Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel