Manfaat Daun Sembukan Bagi Kesehatan yang Tidak Diketahui Banyak Orang


Daun sembukan atau dikenak dengan istilah kesimbukan biasanya sangat terkenal dengan manfaatnya untuk dijadikan sebagai obat susah kentut. Baunya yang khas sejak dulu sering digunakan sebagai mainan anak anak untuk mengerjain temanya. 

Daun sembukan mengandung zat yang penting bagi tubuh, diantaranya : asperuloside, scandoside, deacetylasperuloside, oleanolic acid, paederosid, gamasitosterol, arbutin dan minyak atsiri. 

Beberapa manfaat daun sembukan bagi kesehatan akan dipaparkan sebagaimana berikut ini:

1. Mengatasi Gejala Masuk Angin

Daun sembukan bermanfaat bagi tubuh yang mengalami gejala masuk angin, seperti mual, pusing dan badan meriang. Caranya yakni dengan memanggang daun sembukan hingga layu dan menempelkannya pada perut.

2. Menyembuhkan herpes

Herpes merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Ditandai dengan kulit yang kering atau melepuh. Meski dapat sembuh dengan sendirinya, herpes dapat diatasi dengan menggunakan daun sembukan.

caranya yakni dengan menempelkan daun sembukan yang telah ditumbuk halus pada kulit yang terkena herpes. Biarkan hingga meresap dan bilas dengan air.

3. Mengatasi Gatal-gatal

Kulit gatal atau eksema dan neurodermatitis dapat diatasi dengan daun sembukan. Caranya dengan membubuhkan daun sembukan yang sudah dihaluskan pada bagian yang terasa gatal. Biarkan hingga mengering, Kemudian basuh dengan air mengalir. 

4. Mengatasi Batuk

Daun sembukan juga memiliki efek atitusif dan mucolitik yang dapat menghilangka batuk. Caranya bukan dengan dioleskan, melainkan dengan minum air rebusan daun sembukan. Cukup rebus 7-9 lembar daun sembukan dengan 3 gelas air, jadikan hingga 1 gelas air. Minum saat hangat-hangat kuku.

5. Mengatasi Sariawan

Sariawan dan bau mulut juga dapat disembuhkan dengan daun sembukan. caranya dengan membuat daun sembukan menjadi obat kumur. Rebus daun sembukan dengan 3 gelas air sisakan hingga 1 gelas. Gunakan sebagai obat kumur 3 kali sehari. 

6. Mengatasi sait tulang

Berbagai penyakit tulang seperti rematik, patah tulang dan kesleo dapat disembuhkan dengan daun sembukan. Caranya yaitu dengan meminum resbusan daun sembukan serta menempelkan dau sembukan yang telah dipanggang sebelumnya pada bagian yang sakit.

7. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Sembelit, diare, hingga keracunan dapat diatasi dengan daun sembukan. Caranya yakni dengan minum air rebusan sembukan rutin sehari 3 kali. Maka Pencernaan akan kembali normal.

8. Mengatasi kencing yang tidak lancar

Zat yang terkandung seperti minyak atsiri dalam daun sembukan dapat menyembuhkan kencing yang tidak lancar atau sakit ketika kencing. Caranya dengan rutin minum air rebusan daun sembukan. Minum sehari 3 kali, dan hentikan jika dirasa sudah kembali sehat.

Demikian berbagai manfaat daun sembukan bagi kesehatan. Ternyata daun herbal ini tidak hanya berfungsi melancarkan kentut yang tersumbat ya, hehehe. Banyak manfaat daun sembukan sebagaimana yang telah dipaparkan di atas. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Daun Sembukan Bagi Kesehatan yang Tidak Diketahui Banyak Orang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel