Benarkah Daun Katuk bermanfaat untuk kesehatan?


Daun Katuk merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak digunakan sebagai pelancar ASI bagi ibu menyusui. Kandungan pada daun katuk yakni Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, lemak, protein, tinggi serat, Kalsium, zat besi, fosfor, serta efedrin yang dapat menyembuhkan influenza.

Daun katuk mudah tumbuh di daerah yang beriklim tropis, salah satunya di Indonesia. Cara mengonsumsi daun katuk, sama seperti mengolah sayuran lainnya. Diantaranya dapat dimasak sebagai sayur bening dan sayur menir (bahasa jawa), ada juga yang dibuat sebagai urap-urap.

Daun katuk juga memiliki banyak manfaat lainnya, yakni :

1. Meningkatkan Produksi ASI

Bagi ibu yang baru melahirkan dan mengalami masalah ASI yang tidak lancar, daun katuk dapat menjadi solusi yang paling jitu untuk mengatasinya. selain memperlancar ASI daun katuk juga mempercepat penyusutan rahin dan perut setelah melahirkan ke ukuran normal.

2. Menyembuhkan Anemia

Zat besi yang dikandung daun katuk sangat bermanfaat untuk mengobati anemia yakni yang familiar disebut kurang darah. Anemia banyak disebabkan karena kurang tidur dan konsumsi makanan yang kurang gizi, jadi untuk lebih cepat sembuh dari anemia imbangi konsumsi daun katuk dengan istirahat yang cukup.

3. Meningkatkan Imun Tubuh

Bagi para pekerja yang jadwalnya sangat padat, terkadang jarang memperhatikan kebutuhan nutrisi tubuh. Hal ini dapat menyebabkan imun tubuh turun sehingga mudah terserang virus penyakit. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya mengonsumsi daun katuk yang kaya akan nutrisi yang diperlukan tubuh.

4. Meningkatkan Vitalitas Pria

Daun Katuk ternyata juga mengandung fitokimia yang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma. Sehingga sangat dianjurkan bagi pria yang mengalami masalah mulai dari minimnya kuantitas sperma hingga lemah syahwat.

5. Menyembuhkan Diabetes

Daun katuk ternyata juga memiliki manfaat membantu menyembuhkan penyakit diabetes. Hal ini banyak dibuktikan oleh penderita diabetes yang berangsur-angsur pulih dari penyakitnya karena kandungan daun katuk dapat memberikan indeks glikemik yang rendah setelah rutin mengonsumsinya.

6. Memelihara Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Daun Katuk sangat baik bagi wanita terutama untuk peremajaan kulit. Kandungan serat dan vitaminnya sangat baik untuk menghaluskan dan memproduksi sel sel kulit baru.

Itu tadi beberapa uraian tentang manfat daun katuk. Agar memperoleh manfaatnya secara optimal, sebaiknya dimasak dengan cara yang benar yakni tidak terlalu matang. Karena sayur yang terlalu matang akan melepas banyak kandungan gizi yang dikandungnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Benarkah Daun Katuk bermanfaat untuk kesehatan?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel