Hindari Mengonsumsi Ini Saat Berpuasa, yang Terakhit Sangat Berbahaya Bagi Tubuh!



Ramadhan tentunya identik dengan menu berbuka yang beraneka ragam. Bahkan bisa dibilang bahwa ramadhan tempat para bunda untuk berkreasi sembari menunggu waktu berbuka. Namun perlu diketahui, bawahwa tubuh kita keika ramadhan tidak dapat bekerja maksimal sebagaimana saat bukan bulan ramadhan. Tubuh kita memerlukan nutrisi yang cukup meskipun hanya di dapatkan ketika sahur dan berbuka.
Menu makanan yang beragam, tentunya sedikit banyak merupakan musuh bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, coba kita perhatikan beberapa makanan yang perlu dihindari saat berpuasa.

Hindari minuman berkafein
Biasanya para penghuni café tidak bisa lepas dari minuman yang satu ini, yaitu kopi. Para pecinta kopi pasti selalu menyertakan minuman satu ini ketika sahur maupun berbuka. Namun ternyata hal ini dapat berakibat kurang baik saat berpuasa. Karena kafein akan merangsang tubuh kita untuk sering buang air kecil, sehingga cairan tubuh akan cepat menipis. Hal ini dapat memicu terjadinya dehidrasi tubuh. Jadi, usahakan agar menghindari minuman yang satu ini.

Gorengan
Makanan yang berminyak salah satunya yakni gorengan, sebenarnya sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama ramadhan. Kandungan minyak pada gorengan membuat pencernaan bekerja lebih ekstra untuk mencernanya. Akibatnya tubuh akan lebih cepat lelah selama berpuasa. Gorengan juga dapat membuat kita lebih cepat haus, hal ini dikarenakan minyak yang menempel di kerongkongan kita.

Makanan yang pedas
Biasanya para pecinta kuliner pedas iialah para muda-mudi jaman now. Seringkali mereka mengonsumsi akanan pedas tanpa memperhatikan efek samping yang akan dirasakan beberapa waktu yang akan datang. Makanan pedas yang dikonsumsi saat berpuasa, dapat menyebabkan asam lambung berlebih yang nantinya akan mengganggu kesehatan organ tubuh lainnya. Penyakit asam lambung saat ini juga tidak kalah membahayakan bagi tubuh kita. Jadi, untuk sementara hindari berbuka dan sahur dengan makanan pedas.

Nangka
Nangka merupakan buah yang tinggi akan kandungan gas. Mengonsumsi nangka saat berpuasa juga tidak baik bagi tubuh, karena pada dasarnya gas yang dihasilkan tidak baik bagi lambung dan organ pencernaan lainnya.

Mie Instan
Sahur dan berbuka menggunakan mie instan sangat tidak dianjurkan bagi kesehatan. Mie instan sangat sulit dicerna oleh tubuh. Tubuh akan membutuhkan waktu lebih dari 7 jam untuk benar-benar mencerna mie instan. Rasa kenyang yang dihasilkan dari mie instan hanya bersifat sementara. Hal ini dikarenakan pada dasarnya mie instan tidak memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, namun sebaliknya yakni mie instan mengandung bahan-bahan pengawet yang menjadi musuh besar organ dalam tubuh kita. Himbauan untuk mengurangi mie instan sebenarnya tidak hanya berlaku saat bulan Ramadhan, namun pada setiap saat pun memang mie instan sangat tidak layak untuk dikonsumsi. Banyak sekali berbagai efek samping yang akan ditimbulkan. Bukan dalam jangka pendek, namun berpuluh tahun mendatang kita baru akan merasakan dampak negatifnya, yakni munculnya berbagai macam penyakit kronis dalam tubuh kita salah satunya yakni memicu tumbuhnya sek kanker. 

Sudah terbayang bukan, rasanya jika kita menumpuk makanan yang sebenarnya menjadi musih bagi tubuh kita? Mungkin saja dampak negative ketika kita mengonsumsi makanan dan minuman diatas tidak langsung terjadi, namun dapat terjadi pada waktu yang akan datang. Pada dasarnya memang menjaga jauh lebih baik dari mengobati.
Mari kita jadikan ramadhan tahun ini menjadi ramadhan yang menyehatkan bagi tubuh kita. Menjauhkan kita dari ancaman virus berbahaya di luar sana. Dengan mengetahui beberapa makanan dan minuman yang dihindari saat berpuasa setidaknya kita dapat lebih bijaksana dalam menentukan mana yang akan masuk ke dalam tubuh dan yang tidak. Karena yang lebih tahu kondisi kesehatan tubuh kita yaitu kita sendiri, bukan orang-orang di sekitar kita. Semoga artikel ini bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Hindari Mengonsumsi Ini Saat Berpuasa, yang Terakhit Sangat Berbahaya Bagi Tubuh!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel