Es Tanpa Santan Yang Cocok Untuk Berbuka Puasa

Menu berbuka puasa yang segar tanpa menimbulkan masalah bagi kesehatan tentunya menjadi polemik tersendiri bagi yang berusia diatas 30 tahun. Minum minuman yang mengandung santan secara berlebih ternyata  kurang baik bagi kesehatan, yakni dapat menyebaban asam lambung meningkat, kolesterol, stroke, hingga serangan jantung.
Untuk meminimalisir kejadia yang tidak diinginkan seperti diatas, alangkah baiknya kita mengontrol diri menghindari minuman yang mengandung santan. Berikut beberapa es yang tidak mengandung santan yang cocok sebagai menu berbuka . Kita simak yuk!

Es Sarang Burung


Bahan yang diperlukan

1 sachet agar-agar, 100 gr gula, 3 gelas air, sirup cocopandan, selasih yang sdh mengembang.

Langkah pembuatan Es Sarang Burung

Masak agar agar dengan gula, dinginkan hingga mengeras. Serut agar-agar menggunakan parutan keju atau serut blewah. Siapkan gelas yang berisi es batu, kemudian masukkan agar-agar, kelengkeng dan selasih. Beri sirup cocopandan sesuai selera, Es Sarang Burung siap disajikan.

Es Cincau Serut Susu



Bahan yang diperlukan

1 balok concau, ¼ gula merah, 2 sdm gula putih, dan susu kental manis sesuai selera.

Langkah pembuatan es cincau serut susu

Serut cincau menggunakan parutan keju atau serut blewah.
Rebus gula merah dan gula putih dengan air, tunggu hingga gula larut hingga mendidih, kemudian dinginkan.
Setelah air gula dingin, kini saatnya plating. Masukkan es batu ke dalam gelas, tambahkan sedikit air, susu manis, dan gula secukupnya. Aduk rata, kemudian tambahkan cincau serutnya.

Es Blewah Semangka


Bahan yang diperlukan 

Blewah, Semangka, Gula Cair, dan Es Batu

Langkah Pembuatan es blewah semangka :

Siapkan gelas yang telah berisi Es Batu, masukkan blewah dan semangka yang sudah diserut menggunakan parutan keju atau serutan blewah. Tambahkan gula sesuai selera. Masukkan air dan es blewah semangka siap dinikmati.

Es kopyor


Bahan yang diperlukan 

air kelapa muda, agar-agar, air, es batu, gula.

Langkah Pembuatan Es kopyor :

Masak agar-agar sebagaimana membuat agar-agar biasanya, namun kali ini ganti air dengan air kelapa muda. Siapkan es batu yang sudah dipotong. Masukkan agar-agar yang telah mendidih ke dalam es batu yang sudah berada dalam wadah besar, aduk hingga menjadi butiran. Siapkan gelas beserta es batu kemudian tambahkan gula beserta agar-agar yang tadi.

Gimana, sudah terbayang dengan menu buka puasa tanpa santan? Yang pastinya mudah dan tanpa ribet. Jangan konsumsi santan terlalu sering ya, agar tetap sehat selalu.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Es Tanpa Santan Yang Cocok Untuk Berbuka Puasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel