Cara Mengatasi Masuk Angin Tanpa Obat Kimia


Cara Mengatasi Masuk Angin Tanpa Obat Kimia

Penyakit ringan yang tiba-tiba menyerang salah satunya yakni masuk angin. Masuk angin menimbulkan rasa tidak nyaman disertai gejala gejala lainnya seperti pusing, mual, sering bersendawa hingga menggigil. Penyakit ini sering melanda ketika musim hujan, yang disebabkan oleh suhu dingin, beraktivitas di luar rumah, tidur di atas keramik tanpa alas, dan lain sebagainya. Ketika kita mengalami hal tersebut sebaiknya melakukan hal-hal berikut :

Istirahat Yang Cukup
Saat mengalami masuk angin, tentunya kita akan merasa berat untuk melakukan aktifitas meskipun di dalam rumah. Tubuh kita secara otomatis akan merasa lemas tak bertenaga. Hal tersebut dapat kita atasi dengan beristirahat yang cukup agar energi dan stamina dapat kembali setelah kita beristirahat.

Minum Air Putih
Tubuh kita sangat bersahabat dengan air putih, sehingga saat sakitpun yang paling diperlukan tubuh yakni air putih. Air putih dapat menggelontor berbagai macam sampah yang berada di tubuh sehingga keluar melalui air seni. Tubuh yang sehat membutuhkan sekitar 8 gelas air putih. Namun ketika masuk angin, sebainya kita menambah konsumsi air putih, dan hindari minuman ringan lainnya.

Makan Makanan Bergizi
Imun pada tubuh kita pastinya sedang turun ketika dilanda masuk angin. Cara menambah imun saat masuk angin salah satunya dengan makan makanan yang bergizi. Dalam istilah kesehatan makanan yang bergizi harus mengandung karbohidrat, protein, vitamin, mineral, zat besi, dan lain sebagainya. Menu gizi seimbang dapat kita dapatkan ketika kita menerapkan pola makan hidup sehat, yakni rajin makan sayur dan buah, minum susu, dan mengonsumsi rempah herbal.

Berada Di Suhu Ruangan Yang Hangat
Ketika masuk angin tentunya sangat pantang jika kita berada di bawah kipas angina tau AC. Bukannya sembuh, namun masuk angin kita akan lebih parah. Suhu yang hangat akan membuat kita merasa nyaman saat masuk angin. Keringat yang keluar juga akan menjadi sesuatu yang melegakan bagi tubuh. Untuk itu berada di ruangan yang hangat merupakan salah satu cara mengatasi masuk angin.

Menjaga Kebersihan Tubuh
Saat masuk angin tak jarang hidung kita seakan tersumbat dan mengeluarkan ingus. Hidung yang terdapat ingus mengandung banyak bakteri dan virus yang dapat membuat kita terkena flu. Untuk mencegah hal tersebut sebaiknya sering sering menjaga kebersihan hidung, tangan dan mulut. Tisu bekas ingus sebaiknya langsung dibuang di tempat sampah, jangan biarkan menggunung di sekitar kamar kita.

Berjemur Pagi Hari
Sinar matahari pagi sangat baik untuk meningkatkan imun tubuh. Rasa hangat yang diberikan juga dapat membuat kita lebih rileks dan bersemangat untuk beraktivitas. Ketika masuk angin sebaiknya tidak terus mengurung diri dalam kamar, melainkan berjemur ketika pagi hari. Sehingga tubuh kita akan kembali sehat tanpa harus pergi ke dokter.

Itu tadi beberapa tips mengatasi masuk angin tanpa obat kimia. Apabila tubuh merasa hal yang tidak seperti biasanya sebaiknya kita mengistirahatkan tubuh dari berbagai macam aktivitas. Karena bagaimanapun juga tubuh kita bukan robot yang tidak mengenal lelah. Menjaga lebih baik dari mengobati.  

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Masuk Angin Tanpa Obat Kimia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel