Cabai, Terasa Pedas Namun Kaya Manfaat


Cabai salah satu tumbuhan yang masuk dalam kategori sayuran namun memiliki rasa pedas. Meski memiliki rasa yang pedas, cabai memiliki kandungan protein, karbohidrat, gula, serat, lemak, vitamin A, Vitamin B6, B1, Vitamin C Zat Besi, Magnesium, Kalium dan capsaicin. 

Selain menambah kenikmatan saat makan, ternyata cabai juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat cabai bagi kesehatan yang perlu anda ketahui :

1. Meningkatkan imun tubuh

Kandungan vitamin C yang ada pada cabai dapat meningkatkan imun tubuh. Sehingga tubuh akan terhindar dari virus yang akan menyerangnya.

2. Meredakan Nyeri

Kandungan Capsaicin yang ada pada cabai mampu meredakan peradangan atau nyeri pada bagian-bagian tertentu. Capsacin digunakan sebagai bahan campuran salep atau krim pereda nyeri, sehingga krim dan salep tersebut dapat memberi sensasi panas.

3. Mengatasi Sakit Kepala

Saat anda merasa pusing, tentunya makanan yang menurut anda paling cocok ialah makanan pedas yang dapat mengilangkan pusing. Efek pedas yang diberikan cabai, akan merangsang keluarnya lendir dari hidung dan membuat rasa sakit kepala berangsur angsur hilang. 

4. Menyembuhkan Penyakit Jantung

Cabai dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil, sehingga jantung dapat bekerja secara optimal. selain itu, cabai juga dapat mengatasi lemak dalam darah yang dapat mengganggu sistem kerja jantung. 

5. Mencegah beri-beri

Penyakit beri-beri disebabkan oleh kurangnya vitamin B1 yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi energi. Cabai mampu mencegah beri-beri karena mengandung vitamin B1. Vitamin ini dapat berfungsi dengan baik jika dikonsumsi seperlunya secara bijaksana. 

6. Menyembuhkan luka

Vitamin C yang dikandung cabe rawit dapat merangsang pembentukan kolagen, dan protein struktural yang dapat membentuk jaringan kulit baru. Sehingga luka akan cepat kering dan lebih cepat kembali pulih.

7. Membakar Lemak 

Bagi wanita yang dalam proses diet, ternyata cabai juga dapat menjadi salah satu jalan untuk langsing. Kandungan capsaicin mampu meningkatkan pembakaran kalori pada tubuh, dan dikeluarkan melalui keringat.

8. Mencegah Kanker

Cabai juga mengandung karotenoid yang memiliki sifat antioksidan yang dapat melawan sel penyebab kanker. Namun penelitian ini kurang kuat karena belum ada penelitian yang benar-benar sempurna. 

Meski cabai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, anda juga harus tetap bijaksana dalam mengonsumsinya. Karena jika anda mengonsumsi cabai berlebihan, dapat menimbulkan beberapa efek samping, yaitu : Diare, Usus Buntu, Radang tenggorokan dan Infeksi lambung.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cabai, Terasa Pedas Namun Kaya Manfaat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel