Awas, Bahaya Jika Terlalu Sering Konsumsi Kacang Tanah!


Kacang tanah hampir menjadi primadona bagi setiap orang yang suka ngemil. Aneka olahan kacang tanah juga menghiasi meja tamu terutama ketika hari raya idul fitri.

Kacang tanah dapat diolah menjadi camilan-camilan yang dirindukan, diantaranya : kacang telur, kacang asin, kacang rebus, Kacang goreng, kacang kulit, kacang sembunyi, dan ragam olahan kacang lainnya. 

Makan kacang disela aktifitas bekerja dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus, karena membuat kita terus terjaga dan tidak mengantuk. Namun bagi anda yang sudah berusia diatas 30 tahun, sepertinya harus mengurangi konsumsi makanan yang satu ini. 

Makan kacang tanah yang berlebihan dapat memberi dampak negatif bagi kesehatan, berikut bahaya kacang tanah bagi kesehatan jika rutin dikonsumsi :

1. Menambah berat badan

Ngemil kacang-kacangan ternyata tidak baik terutama yang sedang menjalankan program diet. Kandungan kalori yang tinggi dapat menyebabkan tubuh menjadi gemuk dan dapat beresiko terkena kolestrol.

2. Gangguan Pencernaan 

Kacang-kacangan mengandung senyawa phytates dan tanin yang dapat menyebabkan perut kembung. Hal ini dapat memberi efek begah sehingga malas untuk beraktifitas. Perut kembung juga membuat lambung memproduksi gas berlebih sehingga menyebabkan penyakit pencernaan lainnya.

3. Penyakit Ginjal

Kandungan sodium yang tinggi pada kacang ternyata memberi efek yang tidak baik bagi ginjal. Ginjal dapat mengalami kerusakan pada tahap penyaringan yang disebabkan oleh sodium yang berlebih tersebut.

4. Asam Urat

Penyakit yang sudah menjamur di semua kalangan. Tidak menunggu usia di atas 30 tahun, kini banyak yang masih dalam kategori remaja sudah terkena asam urat yang cukup tinggi.
Kacang menjadi salah satu penyebab utama tingginya asam urat. Bagi yang sudah mendapat sinyal adanya penyakit asam urat, sebaiknya kurangi konsumsi kacang.

5. Vitamin E yang berlebih

Kacang tinggi akan kandungan Vitamin E. Vitamin ini baik bagi kesehatan kulit dan organ penting lainnya. Namun, kelebihan vitamin E juga menimbulkan masalah yang cukup serius, yakni nyeri di bagian kepala, merusak mata, diare, dan beberapa penyakit lainnya.

6. Menimbulkan Alergi

Penggemar kacang, namun sebenarnya memiliki alergi terhadap kacang sebaiknya berfikir ulang untuk mengonsumsi kacang. Meski sekarang banyak sekali obat alergi, namun harus diketahui jika tetap mengonsumsi kacang, dapat merusak organ lain seperti ginjal. 

Hal ini karena obat alergi yang kita konsumsi dapat memberi efek yang negatif bagi kesehatan ginjal. Alergi kita mungkin akan reda, namun ginjal akan kualahan dalam menyaring bahan kimia pada obat alergi tersebut.


Tetap konsumsi kacang tanah secara bijak ya, agar tidak menimbulkan bahaya sebagaimana yang telah dipaparkan di atas. Mencegah lebih baik dari mengobati. Ketika kita ingin sekali makan kacang, tolong pikirkan dampak yang akan ditimbulkan agar menjadi pengingat bagi kita untuk tidak mengonsumsi kacang secara berlebih. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Awas, Bahaya Jika Terlalu Sering Konsumsi Kacang Tanah!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel