7 Bahaya yang Mengintai Jika Sering Mengonsumsi Mie Instan


Mie Instan, makanan yang enak, praktis, dan kini banyak sekali varian rasa. Mie Instan digemari oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan manula sekalipun. 

Dibalik rasanya yang enak, ternyata mie instan juga berbahaya bagi kesehatan. Hal ini disebabkan oleh kandungan bahan penyedap dan bahan kimia lainnya. 
Mie instan ini sebenarnya sangat cocok dikonsumsi saat lapar apalagi saat cuaca gerimis, hemmm pasti terasa nikmat sekali. 

Namun anda perlu mengetahui beberapa bahaya jika terlalu rutin mengonsumsi mie instan berikut ini :

1. Gangguan metabolisme

Bahaya jika konsumsi mie instan yang pertama yakni menyebabkan gangguan metabolisme. Hal ini karena mengandung zat-zat kimia yang berbahaya bagi tubuh seperti pewarna, pengawet dan zat aditif lain yang dikandungnya.

2. Obesitas

Kandungan kalori dan lemak pada mie instan memang sangat tinggi. Namun lemak dan kalori yang ada dalam mie instan sangat susah dicerna oleh tubuh, sehingga menumpuk menjadi lemak jenuh dan menyebabkan berat badan berlebih.

3.Menyebabkan penyakit serius

Banyaknya penderita hipertensi, penyakit jantung, stroke, diabetes dan kerusakan ginjal juga disebabkan oleh kebiasaan sering mengonsumsi mie instan beberapa tahun lalu.

Penyakit-penyakit tersebut merupakan penyakit jangka panjang yang disebabkan oleh natrium yang dikandung mie instan. 

4. Alergi

Mie instan juga dapat menyebabkan alergi bagi beberapa orang. Alergi pada mie instan disebabkan oleh kandungan MSG dalam mie instan. Beberapa reaksi alergi yang ditimbulkan seperti : rasa terbakardan panas di dada, kemerahan pada kulit wajah serta sakit kepala.

5. Merusak Jaringan Otak

Salah satu efek jangka panjang yang paling berbahaya yakni rusaknya jaringan otak. Zat-zat kimia dari mie instan yang menumpuk dalam tubuh dapat menyebabkan rusaknya jaringan otak. Sehingga jika jaringan otak sudah rusak, dapat memicu penyakit stroke atau gangguan organ lainnya.

6. Beresiko kanker 

Bahan pengawet seperti TBHQ dan BHA bersifat karsinogenik sehingga dapat menyebabkan kanker. Kandungan bahan pengawet tersebut yang membuat mie instan sulit dicerna oleh tubuh sehingga memicu tumbuhnya sel-sel kanker.

Sebelum menjadi sel kanker, beberpa bahan kimia tersebut dapat berkumpul pada sebuah organ dan membentuk sel baru yang diawali dengan kelenjar yang tumbuh menjadi tumor, hingga beresiko kanker. 

7. Penyakit Jantung

Penyakit jantung yang disebabkan konsumsi mie instan berlebih ternyata lebih dominan menyerang wanita. Karena wanita lebih rentan mengalami sindrom metabolik. Sindrom metabolik ini merupakan gejala penyakit berbahaya yang memicu serangan jantung hingga kematian.


Uraian diatas merupakan bahaya bagi anda yang sering mengonsumsi mie instan. Kandungan kimia yang bermacam-macam inilah yang membuat mie instan baru dicerna oleh tubuh hingga berhari-hari. 

Berbeda dengan makanan organik dan alami lainnya, yang dapat dicerna dan diserap oleh tubuh dalam waktu yang singkat. 

Lebih bijak dalam menentukan makanan yang masuk dalam tubuh anda, karena dampak mie instan tidak langsung terlihat. Melainkan 5 hingga 7 tahun kedepan. Waspadalah!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Bahaya yang Mengintai Jika Sering Mengonsumsi Mie Instan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel