6 Masalah Kesehatan yang Disebabkan Air Es


Minum air es memberi kesegaran tersendiri bagi kerongkongan yang kering di cuaca yang panas. Banyak penggemar air es yang tidak bisa melewatkan satu hari pun tanpa air es. Namun perlu diketahui, karena air es sebenarnya tidak baik jika rutin dikonsumsi.

Air es dapat membekukan lemak yang ada pada peredaran darah kita, sehingga peredaran darah menjadi tidak lancar. Hal ini dapat menyebabkan proses metabolisme dalam tubuh menjadi terganggu dan menyebabkan masalah kesehatan lainnya. 

Beberapa penyakit yang disebabkan karena sering mengonsumsi air es diantaranya :

1. Usus tersumbat

Penyumbatan usus karena air es terjadi pada saat kita mengonsumsi air es tepat setelah makan, terutama makanan yang berlemak. Air es dapat menyebabkan struktur makanan yang dicerna menjadi beku, sehingga sulit untuk tercerna dengan baik dan menyebabkan usus tersumbat.

2. Radang Tenggorokan

Radang ternggorokan disebabkan oleh munculnya lendir pada lapisan kerongkongan karena terlalu sering minum air es saat cuaca panas. Lendir tersebut jika dibiarkan dapat menginfeksi tenggorokan sehingga menyebabkan radang dan gangguan sistem pernafasan lainnya.

3. Memperlambat detak jantung

Turunnya suhu tubuh karena sering mengonsumsi air es, dapat menyebabkan detak jantung lebih lambat. Hal ini karena saraf vagus, yaakni saraf yang mengontrol detak jantung terganggu sistem kerjanya oleh air es.

4. Menimbun Lemak

Pada dasarnya tubuh kita memerlukan banyak lemak yang dapat menghangatkan air dingin yang masuk ke lambung. Karena lambung kita akan mengalami banyak masalah jika mengonsumsi makanan yang bersuhu terlalu dingin ataupun terlalu panas.
Dengan demikian jika kita mengonsumsi air es secara rutin, secara tidak langsung lemak akan tertimbun dalam perut akan semakin banyak, guna menjaga suhu lambung agar stabil.

5.  Menghabiskan energi

Tubuh kita seharusnya bertahan pada suhu 37 derajat celcius agar dapat melakukan metabolisme yang baik. Namun ketika kita mengonsumsi air es, kita akan merusak angka suhu tersebut, akibatnya tubuh harus bekerja lebih keras untuk mengembalikan suhu tersebut. Hal ini tentunya membutuhkan energi yang banyak. 

6. Lebih mudah haus

Salah satu tujuan kita minum adalah untuk menghilangkan haus. Namun kita akan salah besar ketika haus justru mengonsumsi air es. Karena air es yang kita minum akan menyempitkan pembuluh darah, sehingga membuat aliran darah yang mengandung oksigen akan menurun, bahkan kita akan mengalami dehidrasi. 

Uraian diatas merupakan bahaya yang akan terjadi ketika kita rajin minum air es. Sebaiknya kita menahan diri dari segarnya air es yang justru dapat membuat berbagai masalah baru bagi tubuh kita.

Sebaliknya, air hangat yang kita konsumsi dapat menetralisir masalah yang ditimbulkan oleh air es bagi tubuh. Untuk itu, ayo kurangi konsumsi air es dan mengganti mengonsumsi air hangat. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Masalah Kesehatan yang Disebabkan Air Es"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel